Sabtu, 03 September 2016

Manajemen ASIP 2

Untuk ibu bekerja selain harus mengetahui cara menyimpan dan menyajikan asi perah, satu lagi hal yang penting yang harus diketahui cara Dulu prinsip pemberian ASIP yakni FIFO alias irst in first out. Tapi kini, digunakan prinsip LIFO atau last in first out. Why? terus Asip yang lama bagaimana nasib nya?

Ketika saya berkonsultasi dengan konselor laktasi dr. Hikmah Sari, MKM,CIMI
Pemberian ASI itu harus yang mendekati fresh. Otomatis, yang terakhir dikeluarkan yang mendekati fresh. Terutama untuk zat-zat untuk guna daya tahan tubuh, Karena pada ASIP yang lebih lama disimpan/ beku terdapat berubah zat-zat kekebalannya.
Terus bagaimana untuk stok asip yang ada beku lama di frezer?
dokternya bilang pada dasarnya asip yang disimpan dalam freezer (deep freezer) bertahan 3-6 bulan jadi pasti ke pake, tidak mungkin tidak terpakai, stok asi dalam freezer digunakan ketika asi yang di perah di kantor tidak mencukupi atau buat nombokin kekurangan. misalkan baby nya minum 5 botol sedangkan hasil perah di kantor hanya dapat 4 botol nah kekuranganya ambil dari stok yang beku. walapun misalnya memang benar-benar tidak terpakai bisa untuk campuran MPASI untuk bubur susu atau puding susu.

setelah mendengar penjelasan tersebut maka saya menej asi yang diperah di kantor untuk diberikan keesokan harinya, nah.... untuk ngakalin supaya stok asip nya berputar maka saya hanya menggunakan asi perah beku stok lama pada hari senin saja, dan untuk asi perah segarnya pada hari selasa, rabu, kamis dan jumat. Nah.. hasil perahan yang hari jumat itu saya masukan ke freezer karena hari sabtu minggu nyusuin secara langsung. Selain itu juga ketika saya dinas luar kota barulah asip yang beku dipakai.
Tapi ada juga yang memberikan asip nya dengan metode campuran yaitu 50:50. katakanlah misalnya baby nya selama di tingggal ke kantor minum 6 botol maka 3 botol asip beku dan 3 botol asip segar, atau 2 botol asip beku dan 4 botol asip segar.
yaa... tinggal pilih saja moms mau pilih cara yang mana yang peting di usahakan dapet asi nya yang masih fresh.
Happy breastfeeding semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terkait

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

variety zone Template by Ipietoon Cute Blog Design